Apa Itu Etherscan dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

 


Salah satu nilai jual terbesar NFT adalah transparansi yang diberikan oleh blockchain. Seperti yang diketahui, transaksi di blockchain bersifat transparan, sehingga siapa saja dapat melihat atau memverifikasi transaksi, mencari riwayat transaksi, dan sebagainya. Namun, tahukah kamu tools apa yang membantu kamu untuk melakukan pencarian hal-hal tersebut? Jawabannya adalah Etherscan. Apa itu Etherscan dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Mengenal Apa Itu Etherscan

Etherscan adalah block explorer dan platform analitik untuk Ethereum Blockchain.

Platform ini berfungsi sebagai mesin pencari di mana pengguna dapat menemukan transaksi di blockchain Ethereum. Selain itu, Etherscan juga dapat membantu kamu untuk berinteraksi dengan smart contract dan mendeteksi aktivitas mencurigakan.

Jadi, bagaimana cara platform ini melakukan semuanya? Pada dasarnya, Etherscan.io melacak transaksi di jaringan Ethereum, mengindeks informasi, dan membuatnya tersedia di situs webnya.

Etherscan.io adalah platform gratis yang dikembangkan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk membuat Ethereum lebih mudah diakses. Situs ini bersifat independen dan sama sekali tidak didanai atau dikelola oleh Ethereum Foundation.

Fungsi dan Kegunaan Etherscan

Sejatinya banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan melalui Etherscan. Salah satunya adalah membantu pengguna untuk melihat aset yang disimpan pada wallet address Ethereum mana saja.

Ya, melalui platform ini, kamu dapat memasukkan Ethereum address apa saja ke dalam kotak pencarian untuk melihat saldo saat ini dan riwayat transaksi wallet yang sedang dipertimbangkan. Bahkan, Etherscan juga akan menampilkan gas fee dan smart contract yang melibatkan address tersebut

Misalnya, kamu ingin memantau portofolio pemegang NFT tertinggi atau kamu ingin melacak aliran dana dari perusahaan atau proyek NFT, maka kamu dapat menggunakan Etherscan.

Secara umum, berikut ini adalah beragam fungsi yang dapat dilakukan oleh Etherscan:

  • Menghitung gas fee Ethereum dengan gas tracker Etherscan.
  • Mencari dan verifikasi smart contract.
  • Melihat aset kripto yang disimpan atau terkait dengan public wallet address.
  • Mengamati transaksi yang terjadi di blockchain Ethereum.
  • Mencari transaksi yang dilakukan dari wallet Ethereum mana saja.
  • Melihat smart contract mana yang memiliki kode sumber terverifikasi dan audit keamanan.
  • Mencari tahu berapa banyak smart contract yang telah disahkan pengguna dengan wallet mereka.
  • Meninjau dan mencabut akses ke wallet untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Etherscan juga dapat melacak proses transfer yang masuk. Salah satu cara untuk melacak transaksi adalah dengan mencarinya melalui Etherscan.io dengan menggunakan kunci hashnya.

Hash berfungsi untuk memberi perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengkonfirmasi transaksi. Halaman akan di-refresh apabila transaksi telah selesai.

Meski platform ini mampu menampilkan berbagai informasi yang berasal dari blockchain Ethereum, hanya data yang bersifat publik yang dapat ditampilkan di Etherscan. Ini artinya, informasi seperti private key pengguna tidak dapat dilihat di aplikasi.

Etherscan tidak menyimpan private key apapun dan tidak terlibat dalam transaksi apapun yang ditampilkan. Aplikasi ini juga tidak dapat digunakan untuk mengatasi kegagalan transaksi.

Hubungan Etherscan dan NFT

Non-fungible Token (NFT) sangat populer di blockchain Ethereum. Pengguna yang membeli NFT dapat melihat aset mereka melalui Etherscan, meskipun itu hanya akan ditampilkan sebagai token dan bukan sebagai bentuk seni sebenarnya yang terkait dengan token.

Pengguna perlu menggunakan layanan lain, seperti OpenSea, untuk melihat hasil karya seni secara keseluruhan, di antara opsi lainnya. Platform ini sendiri tidak memiliki fitur untuk menampilkan visual dari NFT tersebut, namun akan menunjukkan ID token, catatan transaksinya, dan interaksi smart contract.