Deretan Crypto Jajaran Atas Ini Punya Harga Murah, Apa Saja Itu?

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Ada banyak koin dan token kripto yang saat ini ada di seluruh dunia dengan harga yang berbeda-beda. Namun, di antara banyak kripto tersebut, salah satu kripto yang memiliki harga terbesar adalah Bitcoin. 

Per 4 April 2022, harga Bitcoin menyentuh USD 46.105,05 atau sekitar Rp 662 juta. Sebelumnya pada November 2021, harga Bitcoin sempat menyentuh USD 68.990 atau sekitar Rp 990,5 juta. 

Dengan harganya yang tinggi dan kapitalisasi pasar paling besar, menempatkan Bitcoin dalam posisi pertama jajaran kripto. Meskipun harganya mahal, ternyata kripto lainnya yang menempati posisi 15 teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya tak semuanya berharga mahal. 

Beberapa kripto ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan termasuk dalam kripto yang memiliki performa baik dan proyek yang jelas. Dilansir dari Coinmarketcap, berikut deretan kripto jajaran teratas yang memiliki harga murah.

1. Stablecoin

Dilansir dari Investopedia, stablecoin adalah kelas cryptocurrency yang mencoba menawarkan stabilitas harga dan didukung oleh aset cadangan lainnya. 

Stablecoin memang secara khusus dirancang untuk memiliki nilai yang sama dengan aset tertentu, misalnya mata uang dolar AS, atau komoditas lain seperti emas agar kestabilan harganya tetap terjaga. 

Dalam jajaran 15 besar kripto berdasarkan kapitalisasi pasarnya, beberapa Stablecoin berhasil mengamankan tempat di deretan tersebut. Berdasarkan data dari Coinmarketcap, ada 4 Stablecoin di jajaran 15 kripto teratas yaitu USD Coin (USDC), Tether (USDT), Binance USD (BUSD) TerraUSD (UST). 

Keempat Stablecoin tersebut dipatok harganya dengan dolar AS yang membuat harganya cukup murah yaitu kisaran USD 1,00.

2. XRP

XRP adalah cryptocurrency open-source yang menggunakan buku besar terdistribusi open-source yang disebut XRP Ledger. Ini dikembangkan oleh Ripple, sebuah perusahaan blockchain perusahaan yang memfasilitasi transaksi global.

XRP berada di posisi 8 di Coinmarketcap berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Harga XRP terbilang murah dibandingkan deretan kripto teratas lainnya. Saat ini harga XRP berada di level USD 0,8348 atau sekitar Rp 11.991 per koin.

3. Cardano (ADA)

Cardano adalah platform blockchain yang dibangun di atas protokol konsensus bukti kepemilikan yang disebut Ouroboros, yang dapat memvalidasi transaksi tanpa biaya energi yang tinggi. 

Pengembangan di Cardano menggunakan bahasa pemrograman Haskell. Simbol untuk token Cardano, ADA, berasal dari ahli matematika abad ke-19, Ada Lovelace. 

Menurut pengembangnya, Ouroboros memungkinkan desentralisasi jaringan Cardano dan memberikan kemampuan untuk secara berkelanjutan menskalakan kebutuhan global tanpa mengorbankan keamanan.

Cardano ada berada di posisi 9 di Coinmarketcap berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Cardano dibanderol dengan harga USD 1,18 atau sekitar Rp 16.936 per koin.